Refleksi Perkuliahan Penyusunan RPP dan LKPD berbasis Etnomatematika di Candi Prambanan

Oleh:

Woro Alma Manfaati/15301241002

Pendidikan Matematika A 2015

Universitas Negeri Yogyakarta

Etnomatematika merupakan salah satu mata kuliah wajib di semester 6 dengan dosen pengampu Prof. Dr. Marsigit MA. Dalam pembelajarannya, etnomatematika membahas mengenai pembelajaran matematika berbasis budaya. Jadwal perkuliahan etnomatematika yaitu setiap hari Senin pukul 07.30 – 08.10 WIB. Saat awal pertemuan, Prof Marsigit menyampaikan kontrak perkuliahan, pengantar etnomatematika dan serangkaian kegiatan pembelajaran etnomatematika selama satu semester. Salah satu tugas sebagai projek terbesar dari perkuliahan etnomatematika yaitu observasi ke tempat wisata berbasis budaya (Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton Yogyakarta) dengan hasil observasi berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan peserta didik.

Kali ini saya akan membahas mengenai hasil observasi yaitu berupa rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kegiatan peserta didik. Sebelum melakukan observasi, mahasiswa PMA 2015 yang berjumlah 31 mahasiswa dibagi kedalam tiga kelompok yaitu kelompok Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Keraton Yogyakarta. Pada pembagian kelompok ini saya dan 9 teman lainnya mendapatkan bagian kelompok Candi Prambanan. Selain pembagian kelompok objek wisata, sebelumnya dilakukan juga pembagian materi tiap-tiap kelompok wisata. Kebetulan saat pembagian materi tersebut kelompok Candi Prambanan mendapatkan bagian materi kelas IX SMP. Oleh karena itu, saya megambil KD 3.7 tentang menjelaskan nilai rata-rata, median, dan modus data hasil pengukuran serta KD 4.7 tentang menggunakan nilai rata-rata, median, dan modus data hasil pengukuran untuk menyelesaikan masalah.

Kegiatan observasi ke Candi Prambanan dilakukan pada hari Sabtu, 24 Maret 2018. Pada kegiatan observasi ini saya mengamati berbagai hal yang dapat dihubungkan dengan matematika. Misalnya bentuk candi di pelataran dalam dapat digunakan sebagai bahan ajar tranformasi geometri, tangga dapat digunakan sebagai materi bilangan, dan lain sebagainya. Karena KD yang saya ambil berhubungan dengan statistika yaitu pemusatan data maka saya mencoba mencari objek yang cocok untuk dijadikan bahan ajar materi tersebut. Salah satu objek yang cocok untuk dijadikan bahan ajar pemusatan data yaitu arca seperti gambar di bawah ini.

Gambar 1. Candi utama di Candi Prambanan

 

Gambar 1. Arca candi di pelataran dalam Candi Prambanan

Arca pada Gambar 1 merupakan arca yang menyusun candi-candi di pelataran dalam yaitu Candi Wisnu, Candi Syiwa, Candi Brahma, Candi Garuda, Candi Angsa, dan Candi Nandi. Untuk menyajikan sebagai bahan ajar pemusatan data maka saya menghitung jumlah arca pada masing-masing candi utama di Candi Prambanan. Dari perhitungan yang saya lakukan maka diperoleh data sebagai berikut:

Tabel 1. Jumlah arca Gambar 1 di Candi Prambanan

Nama Candi

Turus

Frekuensi

Candi Wisnu |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| || 72
Candi Syiwa |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| 64
Candi Brahma |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| || 72
Candi Garuda |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| 75
Candi Angsa |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| 75
Candi Nandi |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| |||| 69

Data pada Tabel 1 di atas dapat digunakan sebagai data untuk pembelajaran pemusatan data yaitu menemukan definisi median (nilai tengah), modus (datum yang sering mungcul), dan mean (rata-rata). Agar siswa dapat menemukan definisi median, modus, dan mean maka diperlukan penyususnan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik). Berikut RPP dan LKPD berbasis etnomatematika di Candi Prambanan yang dapat digunakan pada pembelajaran pemusatan data siswa SMP kelas IX.

  1. RPP Pemusatan Data berbasis Etnomatematika
    RPP_Woro Alma Manfaati_15301241002
  2. LKPD Pemusatan Data berbasis Etnomatematika
    LKS_Woro Alma Manfaati_15301241002

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

21 − = 15