MABA ( Mahasiswa Baru)

medium_812Mahasiswa Baru

MAHASISWA, satu kata kaya makna.Maha dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) berarti sangat; amat; teramat. Sedangkan siswa dalam KBBI memiliki arti murid (terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah); pelajar.

Lulus SMA dan beranjak ke bangku kuliah, rasanya berat pundak ini untuk memikul beban dan berubah status mahasiswa. Walau hanya kata pendek namun bagiku menjadi mahasiswa memiliki tanggung jawab yang besar. Kenapa? Karena menjadi mahasiswa kita harus siap hidup mandiri di kota perantauan.

Tanggal 9 Juli adalah tanggal mendebarkan bagiku. Karena pada tanggal inilah pengumuman SNMPTN dikumandangkan. Siap tidak siap harus berlapang dada untuk menerima pengumuman. Apakah aku lolos dan berubah status menjadi mahasiswa dengan tanggungan beban yang berat atau aku tidak lolos dan mengikuti ujian tertulis lagi??..Tepat pukul  5 sore aku membuka pengumuman itu dan dengan rasa syukurnya aku dinyatakan lolos dan harus siap berubah status menjadi mahasiswa. Di UNY dengan Prodi Pend.Matematika inilah aku diterima. Walaupun bukan cita-cita utamaku, tapi aku harus tetap bersyukur atas nikmat yang Allah berikan.

Setelah dinyatakan lolos, aku langsung mempersiapkan berkas-berkas dan terbang ke kota Yogyakarta. Selama satu hari mengurus berkas akupun kembali ke kota asal yaitu Kebumen. Menunggu tanggal 24 adalah yang mendebarkan. Tanggal dimana mahasiswa baru mengikuti OSPEK. Dalam bayanganku yang namanya OSPEK itu maba dibentak dan dikerjain. Tapi di FMIPA UNY anggapan itu hanya rumor belaka. Bagiku OSPEK FMIPA UNY sangat menyenangkan. Karena dalam OSPEK ini diisi kegiatan yang benarbenar bermanfaat bagi maba yaitu seperti kegiatan pengenalan pengenalan kampus, fakultas dan prodi. Kegiatan OSPEK yang sangat menyenangkan lagi ketika hari pertama dan kedua yaitu OSPEK Universitas. OSPEK Univ ini maba bernyanyi menyuarakan yel-yel atau jargon fakultasnya masing-masing. Dalam OSPEK ini aku juga dipertemukan dengan teman-teman yang aku Anggap seperti saudara sendiri yaitu teman-teman dari kelompok KETON dengan pemandu bernama Kak Anton Suwardi.

Menjadi maba di UNY itu menyenangkan. Karena kita sebagai maba disuguhkan dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat dan seru lainnya. Pelatihan ICT salah satunya. Dalam pelatihan ICT ini maba diharapkan dapat lebih memahami mengenai teknologi-teknologi yang digunakan UNY untuk menunjang pembelajarannya. Setelah mengikuti pembekalan ICT aku baru sadar ternyata UNY memiliki fasilitas yang tak kalah jauh dari ITB.

Menjadi mahasiswa adalah pilihan. Tapi berusahalah untuk menjadi mahasiswa yang luar biasa di tempat biasa daripada menjadi mahasiswa biasa di tempat luar biasa 🙂

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 + 2 =